you're reading...
Freeware, Programming

Pengembangan Paket Aplikasi Sekolah Versi WEB


Paket Aplikasi Sekolah (PAS) merupakan paket program administrasi sekolah modern yang di kembangkan oleh team Departemen Pendidikan Nasional dan di distribusikan secara gratis ke seluruh sekolah SMA dan SMP di seluruh Indonesia.  PAS SMA Versi 4.011 (terbaru) terdiri dari beberapa modul mulai dari modul Administrasi Sekolah, Administrasi Kepegawaian,  Penerimaan Siswa Baru,  Administrasi Siswa & Alumni,  Administrasi Akademik, Administrasi Keuangan hingga modul Aplikasi Layanan SMS Sekolah.

Menu PAS 4.011

Menu PAS 4.011

pas

Baru kemarin aku dapat Paket Aplikasi Sekolah (PAS) versi terbaru dari pak Sukari (salah satu trainer PAS untuk wilayah Jatim)….trims pak :)

Setelah coba, hasilnya sangat bagus dan banyak perkembangan, mulai dari instalasinya, tampilannya hingga tutorialnya tambah komplit aja, selamat deh buat para pengembang PAS.

Kali ini saya coba untuk mengintegrasikannya dengan paket aplikasi XAMPP dengan tujuan untuk pengembangannya ke dalam versi web dengan harapan lebih mudah dan luas jangkauan aksesnya.

Berikut tahapan integrasinya :

1. Install Paket Aplikasi Sekolah mode Server.
2. Install (XAMPP) pada salah satu root direktory harddisk Anda.
3. Lakukan konfigurasi PHPMyAdmin melalui file config.inc.php.
4. Tambahkan setting berikut  $cfg['Servers'][$i]['port'] = ‘33066’;
pada config.inc.php, ubah juga user dan passwordnya sesuai dengan password dan user yang di  PAS MySQL
5. Jalankan service Apache pada XAMPP melalui xampp-control
6. Coba buka PHPMyAdmin, jika semua berjalan normal, maka integrasi
telah berhasil, tinggal kembangkan / tambahkan dengan aplikasi php dan letakkan
pada root direktori web server htdoc.
7. Selanjutnya tinggal akses hasilnya dari web browser….asyik kan …?

pasweb

Selamat mencoba, …. semoga bermanfaat, nantikan pengembangan PAS SMS versi Web.

Diskusi

63 thoughts on “Pengembangan Paket Aplikasi Sekolah Versi WEB

  1. Gimana cara dapat PAS saya dah coba cari download nya tapi error

    Posted by dian | 12 Desember 2008, 1:11 pm
  2. Coba kunjungi url berikut : http://www.dikmenum.go.id, disana ada link untuk download PAS, cuman masih versi lama (2006), kalau mau yang baru silahkan kirim permohonan, CD akan dikirim ke sekolah Free.

    Posted by nanangars | 12 Desember 2008, 1:37 pm
  3. saya sudah coba download PAS untuk SMP tapi tidak bisa, bagaimana kalau saya dikirimkan CD PAS SMP ke sekolah saya.

    Posted by nasrun habi | 14 Desember 2008, 9:31 am
  4. Maaf, saya tidak berwenang untuk ikut mendistribusikan PAS, Untuk mendapatkan CD PAS SMA, silahkan di ajukan langsung permohonannya ke alamat berikut : Direktur Pembinaan SMA JL RS Fatmawati Cipete Jakarta Selatan, sedang untuk SMP saya belum punya informasinya, saya akan infokan setelah dapat kejelasannya.

    Posted by nanangars | 14 Desember 2008, 6:36 pm
  5. saya kemarin baru mendownoad pas untuk smp, pada situs http://www.dit-plp.go.id, jadi jika rekan rekan ingin mendapatkan pas tersebut dapat menDOWNLOAD pada situs diatas, oya saya minta penjelasannya yang lebih terperinci bagaimana menghubungkan dengan apache

    Posted by heri | 24 Desember 2008, 7:56 am
  6. Sebenarnya Apache tidak berhubungan langsung dengan PAS namun berhubungan dengan PAS MySQL untuk query data dan sebagainya, oleh karena itu yang diperlukan hanyalah connection setting pada script PHP yang Anda buat arahkan ke port 33066 seperti contoh script dibawah ini :

    $hostname_cn_dbpas = “localhost:33066″;
    $database_cn_dbpas = “pas_sma”;
    $username_cn_dbpas = “root”;
    $password_cn_dbpas = “sma”;
    $cn_dbpas = mysql_pconnect($hostname_cn_dbpas, $username_cn_dbpas, $password_cn_dbpas) or trigger_error(mysql_error(),E_USER_ERROR);

    Posted by nanangars | 24 Desember 2008, 11:07 am
  7. saya sudah download pas sma tapi utk pengisian kode klabupaten dan propinsi yang berwarna merah diawali angka 0? gimana caranya

    Posted by Abdul Aziz | 29 Desember 2008, 5:29 pm
  8. kayaknya sangat bagus untuk diaplikasikan, mohon bisa dikirimkan softwarenya

    Posted by andri irawan | 3 Januari 2009, 10:42 am
  9. saya berhasil download pas smp, tapi ga tau password adminnya.. :-( tolong dong yang punya email ke tekonds@yahoo.com thx

    Posted by adit | 16 Januari 2009, 6:50 pm
  10. Mas Adit yg lagi penasaran, untuk default administratornya pas, usernya = pas dan passwordnya = smp, sedang untuk databasenya (mySQL) user = root dan passwordnya = smp, setelah install kalau mau running administrasi sekolahnya dengan sungguh-sungguh, harap ganti password default tersebut. Di manualnya ada kok, komplit….ketahuan ya meles baca manualnya :)

    Posted by nanangars | 17 Januari 2009, 10:44 am
  11. mas nanang gimana bisa nggak tau alamat tuk permohonan permintaan pas tuk smp..abis DL sering error

    Posted by Riri | 20 Januari 2009, 11:02 pm
  12. mas mau tanya ni…

    pengembangan versi web ini kita hanya menggunakan database dari pas nya ya, dan php nya kita buat sendiri gitu ya pak?

    boleh minta bimbingannya paK?

    Posted by agunk | 24 Januari 2009, 9:34 pm
  13. Mbak Riri….. coba kirim surat permohonan langsung ke Direktorat Pembinaan SMP….

    Untuk Mas Agung…. betul sekali, databasenya pakai MYSQLnya PAS dan Aplikasi PHPnya kita buat sendiri disesuaikan dengan kebutuhan sekolah….

    Posted by nanangars | 25 Januari 2009, 6:25 am
  14. Bagaimana meninstal PAS ke Hosting?

    Posted by frazer | 28 Januari 2009, 11:16 am
  15. PAS sebenarnya tidak di desain untuk jalan di hosting, namun demikian hal tsb bisa juga jika aplikasinya menggunakan versi web, tapi hal tsb tidak disarankan, karena akan cukup menyusahkan operasionalnya

    Posted by nanangars | 30 Januari 2009, 7:35 am
  16. mas tolong gimana caranya mengisih data siswa, saya sudah mengisi data siswa tapi di entry ke absen tidak bisa keluar, wali kelas dan jadwal sudah terbentuk, yang saya mau pertanyakan no induk siswa dapatnya dari mana dan entry siswa dari siswa baru atau data baru

    Posted by bedu | 24 Februari 2009, 1:36 pm
  17. Mas Nanang kami mohon dikirim CD PAS SMP 2008 ke SMP Yos Sudarso Kawunganten Jl. Gereja No. 715 Kawunganten – Cilacap 53253 kami coba download tapi lama banget speed kami cuman 36 kbps mas tolong ya mas. sebenarnya ukuran filenya berapa mas aq download udah 12,4 MB malah tiba2 putus tolong dikirim CDnya ya Mas Nanang Kab. Cilacap belum ada yang punya. matur nuwun maz

    Posted by Suparno, S.Pd | 24 Februari 2009, 3:28 pm
  18. PAS itu menggunakan Relational Database, jadi entry datanya harus berurutan sesuai dengan menu yg ada, tidak bisa loncat2, absensi tidak akan bisa di entry kalau data siswa belum terisi dan seterusnya,…jadi coba ikuti petunjuk manual yang ada,….

    Posted by Nanang Arief Setiawan | 24 Februari 2009, 5:11 pm
  19. Pak Suparmo, mohon maaf, untuk permintaan CD coba kirim surat permohonan langsung ke Direktorat Pembinaan SMP…

    Posted by Nanang Arief Setiawan | 24 Februari 2009, 5:13 pm
  20. Tentang integrasi PAS-mysql saya ada sedikit masalah. Untuk server lokal saya pakai bundel paket apache triad2 (mysql, mphp, dll) tapi saat install PAS kemudian install apache triad2 database tidak jalan. Kira-kira setting apa lagi ya yang masih kurang

    Posted by alfin | 25 Februari 2009, 8:13 am
  21. MySQLnya gunakan bawaan PAS di port 33066, bukan MySQL bawaan Triad….pasti jreng :)

    Posted by Nanang Arief Setiawan | 25 Februari 2009, 3:04 pm
  22. Setelah saya baca mengenai PAS, saya sangat tertarik sekali untuk menggunakannya di SMP IT AR-Raihan tempat saya bekerja.

    Dilampung jarang sekali SMP menggunakan sistem ini, kalau tidak keberatan saya mohon dengan sangat untuk mengirimkan panduan instlasi PAS ke e-mail saya…. (rw1n_dcc@yahoo.co.id), sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    Posted by Irwinsyah | 5 Maret 2009, 11:26 pm
  23. Silahkan bisa di download di http://www.nanang.id.or.id/sharing/
    di sebelah kiri dibawah main menu ada resources, semua yg mas Irwinsyah butuhkan bisa di ambil disana

    Posted by Nanang Arief Setiawan | 6 Maret 2009, 5:49 am
  24. mas saya ada masalah dengan pengisian PAS di pengisian fasilitas sekolah,data yang tersimpan hanya data yang diisikan terakhir (check button yang dipilih terakhir). Bagaimana cara pengisiannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

    Posted by Novia | 16 Maret 2009, 8:11 am
  25. mas nanang kenapa datanya ga bisa di save?tolong penjelasannya

    Posted by martino | 19 Maret 2009, 11:02 am
  26. Buat Martino & Novia, terus terang baru kali ini ada keluhan datanya gak bisa di save, boleh saya tahu pakai PAS Versi berapa? trus installnya pakai mode apa?
    desktop atau server ? coba entrynya jangan 1 record dulu trus simpan bisa nggak ? sebab kalo entrynya langsung banyak, sedangkan datanya ada yang salah beberapa kali memang aku temui gagal save, close dulu, trus entry …. harusnya jalan baik kok … :)

    Posted by Nanang Arief Setiawan | 19 Maret 2009, 11:50 am
  27. cma mo tanya.saya mao download aplikasi PAS tapi gak tau caranya gmna ?

    Posted by Ahmad tohir | 2 April 2009, 8:48 am
  28. Coba ke alamat berikut http://www.pas.web.id, disana filenya udah di split menjadi beberapa bagian jadi lebih ringan downloadnya, bisa dicicil, kalo dah komplit tinggal di gabung lagi :)

    Posted by Nanang Arief Setiawan | 2 April 2009, 8:56 am
  29. kami dari sd min jetis yang baru melaksanakan rintisan RSBI dan baru mencoba untuk melaksanakan ISO mulai bulan maret 2009. Dan setelah saya cari informasi di internet bahwa PAs untuk SD belum ada, tetapi seklah kami ingin sekali menggunakan PAS. kami hanya punya versi SMP, SMA. Kalau kami ingin mengubahnya kira2 apakah ada tim yang bisa menjelaskan lewat email jika kami mengalami kesulitan ? Terima kasih.

    Posted by Agustina | 1 Mei 2009, 7:34 am
  30. Program PAS SMP sudah kami coba instal yang rencana kami ingin kami pake sbg acuan untuk PAS SD. Untuk mengubah PAS menjadi SD, stl saya konformasi ke sumber menggunakan : MYSQL, PHP, Dream Weafer, Power Builder 9. Untuk mengubah langkah-langkah yang dilakukan apa saja? mohon penjelasan.

    Posted by Agustina | 1 Mei 2009, 9:12 am
  31. saya mencoba masuk menggunakan link pas yang tertulis diatas, dan ternyata tidak dapat masuk, kemudian saya mencoba menghilangkan www di depan pas dan jadinya http://pas.web.id. ternyata berhasil.

    Posted by haryoto | 30 Juni 2009, 11:21 am
  32. Maaf pak, kami dari SD MIN Jetis sukoharjo yang saat ini sedang melaksanakan RSBI. Di sekolah kami ingin sekali menggunakan PAS. Tapi untuk SD sepertinya belum ada. Kami bermaksud untuk menggunakan PAS dengan bantuan team dan saya sudah berulangkali mencoba untuk download powerbuilder9, tapi kok error terus. Kami mohon bantuannya tolong kirim software power builder 9 ke email ini atau minta alamat yang bisa untuk mengunduhnya. Matur nuwun. Mohon dibalas.

    Posted by Agustina | 1 Juli 2009, 9:44 am
  33. mohon bantuanya gmn caranya instalasi PAS pada server unix Free BSD. gmn caranya mengkonversi sql servernya.terima kasih bantuannya.

    Posted by agus sugiarto | 1 Juli 2009, 8:32 pm
  34. Untuk sementara PAS hanya jalan di lingkungan windows, kecuali beberapa orang telah mengembangkanya dalam versi web dengan mengadobsi database mysqlnya dan di buatkan GUI nya dalam versi web. Kalo untuk Free BSD coba cari aja paket application server kayak XAMPP yg jalan di FreeBSD, trus tinggal copy databasenya dan buatkan GUI Webnya … :) , selamat berkarya dengan FreeBSD

    Posted by Nanang Arief Setiawan | 2 Juli 2009, 6:22 am
  35. Mbak Agustina, mohon maaf saya juga tidak punya PowerBuilder seperti yang di maksud, kalo alamat untuk downloadnya sih mbah google kayaknya tahu banyak, cuman tentang legalitas lisensinya perlu dipertimbangkan. Kalo ingin mengembangkan / menyesuaikan PAS dengan kebutuhan sekolah sih bisa melalui pengembangannya versi web, rasanya lebih mudah, software pengembangannya pun lebih mudah di cari dan kebanyakan freeware, legal dan juga hasilnya kayaknya lebih ok, lebih mudah dalam pemeliharaannya, lebih luas cakupan aksesnya dll

    Posted by Nanang Arief Setiawan | 2 Juli 2009, 6:31 am
  36. Ok, kayaknya memang saya ada yg salah ya, trims atas koreksinya :)

    Posted by Nanang Arief Setiawan | 2 Juli 2009, 6:32 am
  37. Maaf Pak, kami dari SMA 1 Pekalongan..
    sekolah saya jadi RSBI ..
    syarat RSBI adalah menggunakan program PAS..
    saya mendapat mandat untuk mencari program tsb..
    mohon bantuannya…
    saya tertarik dgn program PAS basis WEb.
    terimakasih..
    Henis Setyarin
    SMA 1 Pekalongan
    jl. RA Kartini 39 pekalongan 51128

    Posted by henis | 3 Juli 2009, 10:41 am
  38. Selamat pak sudah berhasil menjadi RSBI, sebenarnya tidak ada aplikasi yg full pas basis web, yang ada adalah pengembangan pas secara modular berbasis web (modul pembayaran siswa, modul absensi siswa, modul web sms dll) dengan mengadobsi database PAS server. Dengan demikian untuk dapat menjalankan pas basis web, database PAS Servernya sudah harus jalan terlebih dahulu. Untuk program PASnya sendiri silahkan download di http://pas.web.id kami dan teman2 dari SMAM 1 Gresik siap bantu jika terdapat kesulitan dalam implementasinya.

    Posted by Nanang Arief Setiawan | 3 Juli 2009, 11:26 am
  39. 1.Bagaimana caranya agar Photo dapat masuk ke Program.
    2.Apakah Mata Pelajaran yang di UN dapat diubah/diganti yang asalnya 3 menjadi 6
    3. Bagaimana caranya agar nilai UN u/ di IPA , IPS dan Bahasa tidak bentrok
    4.Mengapa u/ PAS hanya dapat membaca kelas X aja sedangkan untuk kelas X1 dan X11 tidak dapat dibaca.
    5.Mengapa ketika saya memasukan nilai Ulangan harian sering Debug
    6.Apakah tidak setiap yang berwarna merah wajib di isi, soalnya ketika saya mencoba u/ mengosongkan Field Penghasilan Ibu tidak terjadi Debug

    Posted by Ridwan | 25 Agustus 2009, 7:51 am
  40. maaf pak,saya dari sma n 61 jakarta. saya mau tanya apakah PAS ini bersifat open source sehingga pihak sekolah bisa mengembangkan sendiri atau membuat sendiri interface atau gui nya namun sistem tetap sama dengan PAS (struktur databasenya sama dengan PAS ) ? kami team ict dari sma 61 berniat mengembangkan aplikasi pas menjadi aplikasi RIA (web based) dengan menambhkan feature e-learning.

    Posted by Susilo | 4 Oktober 2009, 11:08 am
  41. Pak / Mas Susilo, betul, jadi silahkan dikembangkan tapi tolong jangan sampai merubah struktur database standart pas, karena kelak database ini yg akan dipakai oleh pas integrator sebagai bahan dalam mengkolek database dari seluruh sekolah sebagai informasi bagi diknas (paperless).

    Jadi selamat berkarya, jika tidak keberatan hasilnya bisa di share, agar dapat dimanfaatkan oleh sekolah lain :)

    Posted by Nanang Arief Setiawan | 5 Oktober 2009, 6:21 am
  42. Saya lagi imput data pas, sekarang saya ingin pas itu bisa online termasuk smsnya , tolong informasinya

    Posted by obing hobir | 22 Oktober 2009, 10:34 am
  43. mas, download paket pas berbasis webnya dimana ya? bisa kirim ke email ga?

    Posted by belajarphp | 1 November 2009, 11:05 am
  44. Maaf sebelumnya, saya mengalami kesulitan untuk input data siswa.. kemarin saya memulai input data siswa secara bareng2 dengan siswa, jadi tiap kelas kita suruh input data sendiri2 dari computer Client, Tapi yang aneh tak satupun data yang masuk ke server..

    kalau di ketik dari 1 PC saja bisa masuk.. tapi kalau di input dari banyak PC dan bersamaan semua data tidak ada yang masuk, kira2 ini problemnya di apanya??

    Mohon Replaynya di kirim ke email saya..
    Trims.

    Posted by Gito Pamungkas (SMAN 2 Genteng Banyuwangi) | 2 November 2009, 11:11 pm
  45. mas… download PAS V.5, dimana ??? untuk SMA

    kirim ke e-mailku ya

    trims..

    Posted by priyanto | 4 November 2009, 11:37 am
  46. Mas, saya dari sman 1 trenggalek, minta tolong setiap kali pas saya mau tutup anggaran selalu error, ke deteksi ke wilayah luar negeri, terus begitu saja setiap saya coba. gimana caranya naik kelas dan tutup anggaran,

    catatan:
    saya ngisinya sudah berdasarkan refrensi
    3 tingkat kelas saya masukkan dalam 1 tahun ajaran, tapi saya selalu menyeting komputer di 1 juli tiga tahun ke belakang mas, tp tetap juga tidak bisa, bisa masuk tapi gagal tutup anggaran.

    tolong petunjuknya ya mas, trima kasih

    naryo tgalek.

    Posted by minaryo | 5 Desember 2009, 8:35 am
  47. Saya sangat tertarik dan sekarang saya lagi belajar. tolong informasinya

    Posted by obing hobir | 13 Desember 2009, 11:27 am
  48. mas bantuin aq dong. aq menginstal pas-sma pakai windows vista untuk server . tp untuk client itu menanyakan mysql alias ndak konek ke server.
    tolong gimana cara untuk mensetting windows vista

    Posted by adisangga | 16 Desember 2009, 9:23 am
  49. Mohon pencerahan, gmana saya bisa dapatin pas versi webnya.

    Posted by Heri Sukrisno | 17 Februari 2010, 11:19 am
  50. tolong dimunculkan lagi paket websms versi 3 terbaru seperti websms 2 untuk smp dn sma

    Posted by gatot | 28 Februari 2010, 4:50 am
  51. mas tolong gimana cara nginstall pas sma diwindows vista, bisa ngak? dan bagaimana caranya berintegrasi pakai web
    tolong beritahu

    Posted by adi | 28 Februari 2010, 9:29 am
  52. Mas Nanang, minta tolong password untuk client pas sma apa ya..?

    Posted by tajuddin | 1 Maret 2010, 12:09 pm
  53. minta script PHP untuk pengembangan Web PAS SMA boleh nggak ya?

    Posted by safii | 26 Mei 2010, 11:42 am
  54. mas nanang canggih euy, bisa lebih rinci lagi mas untuk langkah menjalankan PAS pada XAMPP. dari proses instalasi PASnya dan XAMPP nya. apakah berada dalam 1 folder, PAS berada pada Folder XAMPP atau bagaimana, saya masih awam? tapi saya merasa tertarik dg yg mas nanang lakukan. terima kasih banyak.

    Posted by koboy | 13 Juli 2010, 11:19 am
  55. mas nanang, aku tolong bantuannya po’o …
    aku sudah dapat SIMPAS 8.0 yang katanya PAS versi WEB terus dah tak coba pakai XAMPP … localhost, kok yang keluar
    start(); if (file_exists(“install.php”)){ header (“location:install.php”); } define(‘SIMPAS_MODULE’, true); define(‘SIMPAS_CONTENT’, true); include “includes/config.php”; include “includes/mysql.php”; include “includes/template.php”; global $judul_situs,$theme; $_GET['aksi'] = !isset($_GET['aksi']) ? null : $_GET['aksi']; $_GET['mod'] = !isset($_GET['mod']) ? null : $_GET['mod']; $_GET['pilih'] = !isset($_GET['pilih']) ? null : $_GET['pilih']; $_GET['act'] = !isset($_GET['act']) ? null : $_GET['act']; if (isset($stats) != ‘okdech’){ include ‘includes/statistik.inc.php'; stats(); setcookie(‘stats’, ‘okdech’, time()+ 3600); } $old_modules = !isset($old_modules) ? null : $old_modules; ob_start(); switch($_GET['mod']) { case ‘yes': if (file_exists(‘mod/’.$_GET['pilih'].’/’.$_GET['pilih'].’.php’) && !isset($_GET['act']) && !preg_match(‘/\.\./’,$_GET['pilih'])) { include ‘mod/’.$_GET['pilih'].’/’.$_GET['pilih'].’.php'; } else if (file_exists(‘mod/’.$_GET['pilih'].’/act_’.$_GET['act'].’.php’) && !preg_match(‘/\.\./’,$_GET['pilih']) && !preg_match(‘/\.\./’,$_GET['act']) ) { include ‘mod/’.$_GET['pilih'].’/act_’.$_GET['act'].’.php'; } else { header(“location:index.php”); exit; } break; case ‘pasti': if (file_exists(‘mod/’.$_GET['pilih'].’/’.$_GET['pilih'].’.php’) && !isset($_GET['act']) && !preg_match(‘/\.\./’,$_GET['pilih'])) { include ‘mod/’.$_GET['pilih'].’/’.$_GET['pilih'].’.php'; } else if (file_exists(‘mod/’.$_GET['pilih'].’/’.$_GET['act'].’.php’) && !preg_match(‘/\.\./’,$_GET['pilih']) && !preg_match(‘/\.\./’,$_GET['act']) ) { include ‘mod/’.$_GET['pilih'].’/’.$_GET['act'].’.php'; } else { header(“location:index.php”); exit; } break; default: if (!isset($_GET['pilih'])) { include ‘content/normal.php'; } else if (file_exists(‘content/’.$_GET['pilih'].’.php’) && !preg_match(“/\.\./”,$_GET['pilih'])){ include ‘content/’.$_GET['pilih'].’.php'; } else { header(“location:index.php”); exit; } break; } $content = ob_get_contents(); ob_end_clean(); ///// left side ///////////////////// ob_start(); //Blok Menu include “content/menuadmin.php”; include “content/menu.php”; //include “content/topikbox.php”; echo “”; modul(0); echo “”; blok(0); echo “”; $leftside = ob_get_contents(); ob_end_clean(); ///// left side ///////////////////// ///// right side ///////////////////// if (!isset($index_hal)){ ob_start(); //include “content/cari.php”; echo “”; modul(1); echo “”; blok(1); $rightside = ob_get_contents(); ob_end_clean(); } else { $style_include[] = ‘ ‘; } ///// right side ///////////////////// if ($_GET['aksi'] == ‘logout’) { logout (); } $style_include_out = !isset($style_include) ? ” : implode(“”,$style_include); $script_include_out = !isset($script_include) ? ” : implode(“”,$script_include); $rightside = !isset($rightside) ? ” : $rightside; $leftside = !isset($leftside) ? ” : $leftside; $define = array (‘leftside’ => $leftside, ‘content’ => $content, ‘rightside’ => $rightside, ‘judul_situs’ => $judul_situs, ‘style_include’ => $style_include_out, ‘script_include’ => $script_include_out, ‘meta_description’ => $_META['description'], ‘meta_keywords’ => $_META['keywords'], ‘timer’ => $timer->stop() ); $tpl = new template (‘themes/’.$theme.’/theme-1.html’); $tpl-> define_tag($define); $tpl-> cetak(); ?>

    kenapa ya ??? atau barangkali punya CMS lain yang udah jadi, soalnya saya masih awam sama php, my sql, dll

    Posted by agung cahyadi | 14 Januari 2011, 8:26 am
  56. Waduh……
    asyik ne…..pada ngomongin PAS semua…

    pak…untuk SD ada ga ya….?

    tolong la pak…
    dimana bisa dapatinnya..

    Posted by r4chm47 | 6 Agustus 2011, 10:07 am
  57. mas nanang boleh nanya, tentang pas smp, bagaimana cara konfigurasinya ke xampp

    Posted by pmalaqsha | 15 November 2011, 3:21 pm
  58. Mas boleh minta sql untuk membuat tabelnya gak? yang masih dalah notepad

    Posted by nasrunboys | 24 Desember 2011, 11:54 pm
  59. mas aku minta tolong bantuin progam saya, saya gak tau sintaknya mas, mohon balasanya di email ku, nanti saya kirim balik ke email mas desain programnya…

    Posted by lukil | 4 Februari 2012, 9:31 pm
  60. malam mas.
    di folder conf ada config.php disana ada tulisan expired 1 day pada pas_web gmana cara settingnya?…. terus tolong kirimin donk mas sql nya? aku masih awam banget….. terus mau login masih masih pemuatan terus ga bisa masuk-masuk. mohon pencerahannya

    Posted by latif | 23 Maret 2012, 8:52 pm
  61. Mas minta penjelasanya, pada saat di buka di http://localhost/pas : yang hanya ini ‘;?>

    Posted by SMA N 1 Bolangitang Barat | 30 Maret 2012, 5:15 am
  62. pak,saya hamidi mau ngasuh kaweroh bpak,user n pasword defaultnya root pas smp apa ya pak?mantur nuwun

    Posted by hamidi | 9 April 2012, 4:45 pm
  63. Saya baru nemu, tapi kayak nya pemilik nya mau share. topik yang akan di share sih kayak nya banyak tapi masih 2 yang baru bisa di download. sy coba udah opensource baik code nya atau pun sql nya jadi yg pinter php bisa odat edit.
    http://aplikasisekolahgratis.blogspot.com/

    Posted by saka | 25 Juni 2012, 5:06 am

Tinggalkan Balasan

WebMaster Indonesia

Blog Stats

  • 88,277 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 11 pengikut lainnya.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

