you're reading...
Freeware, Programming

Panduan Implementasi PAS agar Mudah dan Lancar


PAS atau Paket Aplikasi Sekolah, akhir-akhir ini semakin akrab didengar, semakin banyak yang tahu dan semakin banyak pula yang menggunakannya dan memang itulah salah satu tujuan pemerintah, untuk memperbaiki sistem administrasi sekolah sehingga dikemudian hari memungkinkan kolek datanya dengan satu standart sistem administrasi sekolah (PAS).

PAS yang beredar saat artikel ini saya tulis versi 4.011 sudah jauh lebih sempurna dibanding versi-versi terdahulunya,  mulai dari PAS-SMA v2.001 hingga PAS-SMA v4.011 terdapat 13x update yang telah dilakukan, sehingga implementasi PAS saat ini jauh lebih mudah dibanding versi terdahulu. Namun demikian terdapat beberapa point yang tidak boleh ditinggalkan sehingga implementasi PAS dapat berjalan lebih mudah dan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut beberapa tips, agar implementasi PAS berjalan dengan mudah dan lancar :

  • Baca dokumen panduan PAS sebelum implementasinya (minimal baca Quick Reference)
    Dokumentasi PAS tergolong sangat lengkap sekali dan kalau di cetak bisa menjadi beberapa buku dengan ketebalan yang cukup membuat orang jadi ngatuk dulu sebelum mebacanya :)  Untuk itu saya ingin memberikan tips bagian mana yang minimal harus dibaca, yang lainnya bisa dipelajari berikutnya sambil jalan. Yang terpenting adalah dokumen 07 PAS-Quick Reference.pdf  (13 halaman) terutama pada bagian Regional Setting. Setting ini wajib hukumnya bagi PAS sebab kesalahan setting ini dapat berdampak pada keseluruhan proses implementasi PAS terutama untuk entrian sistem penilaian, sistem keuangan dan sistem  import data.
Regional Setting

Regional Setting

  • Lakukan entry data atau import data sesuai urutannya.
    Untuk mejaga integritas datanya, PAS telah di desain sedemikian sehingga terdapat keterkaitan (relasi) antar tabel-tabelnya. Misal kita tidak akan di ijinkan (bisa) entri data nilai sebelum data siswa terisi dengan baik dan benar sehingga validasi datanya bisa terjamin. Untuk itu, entry data PAS sebaiknya dilakukan  sesuai dengan urutan menu PAS, dimulai dari menu 01 PAS – Referensi, 02 PAS – Administrasi Sekolah, 03 PAS – Administrasi Kepegawaian dan seterusnya. Program akan terproteksi untuk entry atau import jika terdapat keterkaitan tabel yang belum di isi dengan baik.
Urutan Menu PAS

Urutan Menu PAS

  • Perhatikan hal-hal penting dalam import data
    Sebagian besar orang memilih langkah import data dari pada harus entri datanya satu persatu dari awal, karena hal ini akan lebih cepat prosesnya. Untuk itu sangat perlu untuk memahami prosedur import data dengan benar. Perhatikan kolom-kolom data yang wajib di isi (Not Null),  periksa keberadaan character ( ‘ ) petik tunggal yang sering menjadi masalah saat import data, contoh data hari jum’at, data nama Ni’mah, ganti dengan character lain menjadi Jum`at dan Ni`mah agar terhindar dari kegagalan import data. Dan jika memungkinkan,  akan lebih mudah lagi import datanya jika menguasai perintah-perintah MySQL atau menggunakan software batu manajemen database MySQL seperti PHPMyAdmin, MySQLYog dll.
  • Lakukan backup database pada setiap tahapan implementasi pas.
    Seringkali hal yang bikin frustasi adalah entry data yang sama berulang-ulang karena sistem error dll. Untuk itu agar hal tersebut tidak terjadi maka lakukan backup database dengan jalan copy folder data dalam directory DepdiknasPaket Aplikasi Sekolah – SMAmysql-5.0.22 sehingga jika terdapat kegagalan proses pada tahap berikutnya, data tidak perlu di entry ulang dan tinggal kembalikan data yang telah di backup (restore) ke lokasi semula.
  • Ikuti dan gabung kedalam forum Paket Aplikasi Sekolah

Untuk proses instalasinya sendiri mungkin tidak akan menemui masalah, mengingat semuanya sudah tinggal install, ikuti petunjuk yang ada sebagaimana install program-program lain dalam Microsoft Windows Anda.

Diskusi

7 thoughts on “Panduan Implementasi PAS agar Mudah dan Lancar

  1. assalamualaimu

    bisa minta tolong untuk menjelaskan instalasi aplikasi sms server untuk pas smp,

    dari heri hadianto guru smp babussalam riau

    terimakasih sebelumnya

    Posted by heri hadianto | 29 Maret 2009, 12:28 pm
  2. Minta bantuannya Bang…baru-baru ini Kepsek da pertemuan di Jakarta dan pulang membawa program PAS (Paket Aplikasi sekolah) Versi 5.00. setelah diinstall di kompi saya bingung, bagaimana cara memulainya mau entri data lewat menu yang mana. PAS yang saya install saya pilih standallone karena memang diskul saya tidak ada jaringan internet. saya baca2 dipanduannya tidak ada yang panduan entri data cara menjalankannya dari awal, memang susah bagi saya bang…mohon bantuannya. apakah untuk entri data harus diaktifkan dulu mysql dan phpnya bang…..tolong minta penjelasannya…dari awal samapi akhir (dairyplasma@gmail.com) terima kasih. cat:pada saat melakukan instalasi, sekolah saya belum terdaftar. dan pada saat saya pilih

    Posted by dairy | 28 September 2010, 12:24 pm
  3. Minta bantuannya Bang…baru-baru ini Kepsek da pertemuan di Jakarta dan pulang membawa program PAS (Paket Aplikasi sekolah) Versi 5.00. setelah diinstall di kompi saya bingung, bagaimana cara memulainya mau entri data lewat menu yang mana. PAS yang saya install saya pilih standallone karena memang diskul saya tidak ada jaringan internet. saya baca2 dipanduannya tidak ada yang panduan entri data cara menjalankannya dari awal, memang susah bagi saya bang…mohon bantuannya. apakah untuk entri data harus diaktifkan dulu mysql dan phpnya bang…..tolong minta penjelasannya…dari awal samapi akhir (dairyplasma@gmail.com) terima kasih. cat:pada saat melakukan instalasi, sekolah saya belum terdaftar. dan pada saat saya pilih dari menu atas, muncul data induk belum dibuat

    Posted by dairy | 28 September 2010, 12:28 pm
  4. bagaimana cara memulainya mau entri data lewat menu yang mana. PAS yang saya install saya pilih standallone saya baca2 dipanduannya tidak ada yang panduan entri data cara menjalankannya dari awal,
    terima kasih.
    pada saat melakukan instalasi, sekolah saya belum terdaftar. dan pada saat saya pilih dari menu atas, muncul data induk belum dibuat

    mohon bantuan kirim ke email saya: budionocharles@yahoo.co.id

    Posted by charles budiono | 30 April 2011, 5:42 pm
  5. pak bisa e-mailkan ke saya atau dimana saya bisa mendownload program PAS

    Terima kasih

    Posted by ari | 14 Mei 2011, 2:08 pm
  6. bos,,,, saya mohon bantuanya,,,,,
    saya kesulitan dalam mengisi data siswa,,,
    data siswa yang telah saya isi tidak bisa di save,,,,
    selalalu muncul perintah, kolom yang berwarna merah harap di isi,
    padahal semua kolom sudah terisi,,,
    mohon bantuanya gan,,,,,,,,,,,

    Posted by adhi nugroho putranto abimanyu | 23 Mei 2012, 9:39 am
  7. mohon solusi, saat entri data siswa melalui fasilitas import, data sudah tersimpan tapi tidak muncul saat membuka daftar siswa. untuk daftar guru bisa tampil.

    Posted by Faisal Akib, SMAN 3 MamujuProv. Sulawesi Barat | 17 Mei 2013, 9:02 am

Tinggalkan Balasan

WebMaster Indonesia

Blog Stats

  • 88,276 hits

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 11 pengikut lainnya.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

